sample-image

Trading Futures vs. Bisnis Konvensional

02 Oct 2023

Trading forex atau produk berjangka dapat dianggap sebagai bisnis individu yang semakin populer. Namun, ketika dibandingkan dengan bisnis konvensional atau perdagangan di sektor riil, terdapat perbedaan signifikan antara trading futures dengan bisnis yang melibatkan barang fisik.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang mencolok antara trading futures dan bisnis konvensional, menunjukkan bahwa trading futures menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas yang lebih besar, terutama dari segi modal, lokasi, waktu, dan biaya operasional.

  1. Modal yang Terjangkau

    Untuk memulai trading futures, modal yang dibutuhkan tidak perlu sebesar dalam bisnis konvensional. Dengan hanya beberapa juta rupiah, Anda dapat membuka akun trading futures. Ini berbeda dengan bisnis seperti restoran yang memerlukan modal besar, seringkali dalam kisaran ratusan juta hingga miliaran rupiah.

  2. Tempat Usaha yang Fleksibel

    Aktivitas trading futures dapat dilakukan di mana saja, termasuk rumah, restoran, kafe, atau bahkan taman. Modal perangkat elektronik seperti laptop, PC desktop, atau smartphone sudah cukup untuk menghasilkan keuntungan dari trading futures. Tidak perlu sewa tempat usaha seperti bisnis konvensional.

  3. Waktu Operasional 24 Jam

    Trading futures berlangsung selama 24 jam non-stop selama weekdays atau lima hari sepekan. Anda dapat menentukan waktu yang nyaman untuk melakukan trading tanpa terikat oleh jam kerja konvensional. Sementara bisnis konvensional memiliki batasan waktu operasional, dan bahkan jika ada yang beroperasi 24 jam, perizinan dan prosedur resmi harus diikuti.

  4. Tanpa Perlu Gudang

    Bisnis konvensional, seperti toko baju, seringkali memerlukan penyimpanan yang signifikan seiring dengan pertumbuhan usaha. Trading futures tidak memerlukan tempat penyimpanan karena tidak ada barang fisik yang harus disimpan. Ini mengurangi biaya tambahan yang seringkali diperlukan untuk gudang pada bisnis konvensional.

  5. Tidak Membutuhkan Pegawai dan Pelatihan Khusus

    Pemilik bisnis konvensional membutuhkan bantuan dan perekrutan karyawan untuk menjalankan usaha. Ini memerlukan biaya tambahan untuk pelatihan dan pembayaran gaji. Dalam trading futures, Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan. Meskipun mungkin diperlukan bantuan dari trader berpengalaman atau staf edukasi di broker, namun ini tidak memerlukan tanggung jawab penuh seperti mempekerjakan staf pada bisnis konvensional.

Siap memulai?

Akses global ke pasar keuangan dari satu akun

Top Top